Operasi Katarak

Kapan Anda Harus Melakukan Operasi Katarak?

Operasi KatarakMata merupakan salah satu organ yang sangat vital bagi manusia. Mata digunakan untuk melihat dan tentunya, jika mata mengalami masalah Anda akan sangat merasa tidak nyaman. Ada beberapa masalah yang mungkin muncul pada organ mata setiap individu. Pertama, rabun jauh atau pun rabun dekat yang mengakibatkan pandangan buram dan tidak fokus, hal ini paling banyak muncul di masyarakat. Kemudian, mata juga bisa mengalami masalah yaitu dengan adanya silindris pada mata. Mata yang mengalami silindris akan sulit melihat sebuah garis lurus. Kemudian, salah satu masalah pada mata yang sangat sering terjadi terutama pada orang yang sudah lanjut usia adalah katarak. Sesungguhnya apa katarak itu? Bagaimana cara Anda bisa mengobatinya melalui operasi katarak?

Prosedur Operasi Katarak

Sebelum membahas prosedur operasi katarak, ada baiknya Anda memahami apa sebenarnya yang disebut dengan katarak. Katarak sendiri merujuk pada kondisi ketika lensa mata seseorang mengalami kekeruhan. Dalam hal ini, lensa yang keruh akan mengakibatkan beberapa masalah, antara lain pandangan ganda, distorsi warna menjadi kekuningan atau kecokelatan, sensitivitas terhadap cahaya yang meningkat serta penglihatan yang kabur atau tampak buram di mata Anda. Biasanya, akan muncul selaput di bagian lensa mata berwarna putih susu. Selaput inilah yang menghalangi Anda dalam melihat dunia dengan bak. Walaupun belum diketahui pasti penyebab munculnya katarak di mata seseorang, namun ada penanganan yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak buruk dari katarak.

Katarak sendiri merupakan salah satu hal yang wajar ketika seorang individu mengalami penuaan. Dalam hal ini, katarak yang muncul karena penuaan disebut sebagai katarak minor. Tingkatannya pun belum terlalu mengganggu sehingga tidak perlu dilakukan operasi. Namun, ketika katarak mulai mengganggu penglihatan dan aktivitas sehari-hari, tentunya prosedur operasi harus segera dilakukan. Beberapa prosedur yang dapat dilakukan terhadap pasien penderita katarak adalah dengan sayatan minimal atau yang bisa disebut dengan microincision cataract surgery. Teknik ini dilakukan untuk katarak yang memiliki ukuran keci. Phacoemulsifikasi juga dapat dilakukan dengan memasukkan alat kecil pada sayatan mata dan menghancurkan lensa yang keruh tersebut. Kedua teknik operasi katarak di atas adalah yang paling lazim dilakukan.

Related posts: