Cara Merawat Kucing

Mudahnya Cara Merawat Kucing Anggora

Cara Merawat KucingArtikel kali ini akan membahas tentang cara merawat kucing anggora. Kucing anggora mempunyai bulu unik dan sangat menggemaskan. Namun ternyata tak mudah merawat kucing jenis ini, sebab cukup menyita waktu dan keahlian agar kucing anggora menjadi lebih terawat. Dapat Anda bayangkan bila kucing anggora yang sangat menggemaskan itu tak terawat maka akan mengurangi keindahannya. Kucing anggora mempunyai bermacam-macam warna yang unik, dari putih, hitam, cokelat, kemerah-merahan, dan perpaduan bermacam warna. Pemeliharaan kucing anggora pada bagian bulu harus sangat hati-hati sebab bisa mempengaruhi tampilan kucing itu sendiri. Bulu merupakan aset paling penting yang dimiliki oleh kucing.

Tips Cara Merawat Kucing Anggora dengan Mudah

Terdapat beberapa cara merawat kucing dengan mudah yang bisa menjadi pedoman Anda, diantaranya :

  1. Rutin memandikan

Kucing anggora harus dimandikan dengan benar dan rutin. Jangan sampai Anda memakai bahan-bahan kimia yang tak dianjurkan bagi kucing. Gunakan shampo dan sabun khusus untuk kucing, sebab bila Anda memaksakan untuk memakai shampo dan sabun manusia nantinya dapat merusak bulu-bulu kucing.

  1. Menjaga kebersihan kandang

Kandang bersih adalah salah satu hal paling penting dalam merawat kucing anggora. Dengan kandang yang bersih maka akan mencegah timbulnya penyakit berbahaya yang bahkan pada kondisi tertentu bisa berbahaya pula bagi pemilik kucing anggora itu sendiri. Amati sekeliling kandang bila terdapat jamur-jamur yang menempel di kandang maka perlu segera Anda bersihkan. Saran terbaik bagi Anda tentang membersihkan kandang adalah dengan membersihkan secara rutin maksimal 3 minggu sekali. Sesuaikan pula ukuran kandang dengan ukuran kucing.

  1. Sesuaikan porsi makanan dengan berat badan kucing

Makanan ideal bisa berpengaruh pada berat badan ideal pula. Bila Anda berlebihan dalam memberi makanan maka berat badan kucing pun akan berlebihan. Atur pola makan kucing anggora dengan benar. Berikan minuman matang untuk minumnya.

  1. Vaksinasi dengan teratur

Lakukan vaksinasi saat kucing berusia 3 bulan, ikuti saran dari dokter hewan yang berhubungan dengan kesehatan kucing anggora. Umumnya vaksinasi yang harus dilakukan sebanyak 3 kali.

Demikian beberapa cara merawat kucing anggora yang benar, semoga bermanfaat bagi Anda para pencinta kucing anggora.

Related posts: