Cat Rumah

Persiapkan Hal Ini Sebelum Menerapkan Cat Tembok

Cat RumahCat tembok sangat berpengaruh pada penampilan rumah Anda. Dengan memperindah cat dinding, Anda bisa membuat keluarga Anda lebih bahagia, dan tamu Anda merasa senang berada di dalam rumah Anda. Untuk menjaga keawetan cat dan keindahannya tahan lebih lama, Anda harus mempersiapkannya sebelum mulai menerapkan cat dinding Anda. Jika cat Anda tahan lama, Anda tidak akan menghabiskan banyak biaya untuk mengganti cat dinding yang cepat rusak. Berikut persiapan-persiapan yang sebaiknya Anda lakukan.

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menerapkan Cat Tembok

Melapisi dinding dengan cat dapat melindungi dinding Anda dari kekeroposan. Di samping itu, cat juga memberi nilai estetika yang membuat mata senang melihat tembok rumah Anda. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan sebelum menerapkan cat tembok rumah Anda. Langkah pertama adalah dengan memilih warna cat. Memilih warna merupakan hal yang membingungkan bagi beberapa orang. Terutama bagi orang yang tidak mengerti desain. Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan rumus skema warna. Skema warna ini sangat membantu Anda untuk memadukan warna-warna untuk cat dinding Anda. Persiapan selanjutnya adalah dengan menghitung luas permukaan dinding Anda. Hal tersebut diperlukan untuk menghitung jumlah cat yang Anda perlukan. Hitunglah jumlah cat yang Anda perlukan dengan daya sebar catnya. Setiap cat memiliki daya sebar masing-masing. Bagilah luas permukaan dinding dengan daya sebar cat, kemudian kalikan dengan lapisan pengecatan. Hal ini penting agar cat yang Anda beli tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.

Selanjutnya, kenalilah jenis dan karakter cat dinding. Pilihlah cat eksterior untuk mengecat tembok bagian luar, sedangkan cat interior untuk mengecat bagian dalam. Karakter cat eksterior biasanya dilapisi dengan zat anti retak dan anti bocor. Sedangkan cat interior biasanya lebih mengandung nilai estetika tinggi dan dekoratif. Selanjutnya, evakuasi furnitur-furnitur Anda ke tempat yang aman agar tidak terkena percikan cat. Selanjutnya, lindungilah stop kontak menggunakan selotip. Bersihkan dinding Anda dari noda dan kotoran, dan mulailah untuk menerapkan cat tembok Anda.

Related posts: