peluang usaha

Resiko Yang Pasti Ada Di Setiap Jenis Usaha

peluang usaha
Jika Anda mau mengamati  perkembangan dunia usaha maka Anda pasti bisa menyimpulkan bahwa jenis usaha yang bisa di lakukan di dunia ini ternyata ada banyak sekali jenisnya. Dari mulai jenis usaha bermodal kecil hingga besar, usaha yang mudah hingga sulit, usaha yang bisa di jalankan sendiri atau tidak, semua itu pasti memiliki resiko tersendiri yang seharusnya sudah bisa di antisipasi setiap pelaku usaha sebelum menjalankan usahanya tersebut. Resiko yang ada seharusnya bukan semakin mengecilkan niat kita untuk berwirausaha, namun sejatinya mampu membangkitkan semangat kita yang tertantang untuk menghadapi resiko yang pasti datang tersebut.

Beberapa orang yang belum pernah memulai sebuah usaha biasanya akan bergerak mundur teratur setelah mengetahui bahwa ternyata jenis usaha yang akan di jalankannya memiliki berbagai resiko yang jika tidak mampu mengatasinya maka akan berujung pada kegagalan bisnis. Padahal resiko tersebut datang untuk menguji niat kita serta akan membuat kita semakin banyak belajar tentang jenis bisnis yang sedang di geluti saat ini. Lalu resiko apa saja yang bisa datang saat kita sedang memulai sebuah bisnis?

Di bawah ini adalah beberapa jenis resiko yang harus di kenali pelaku bisnis sebelum memulai usaha baru.

  • Resiko produk

Resiko ini bisa Anda dapatkan jika Anda sedang memulai sebuah bisnis yang menjual atau berkaitan dengan produk yang bisa kedaluwarsa. Misalnya seperti makanan, kosmetik atau jenis produk lainnya yang jika masa kedaluwarsanya sudah lewat namun Anda tetap menjualnya maka bisa membahayakan kesehatan konsumen Anda.

  • Resiko rekan bisnis

Ini juga Anda dapatkan jika Anda memiliki bisnis yang di buat dengan kerja sama bersama teman atau rekan Anda. Satu hal yang harus di ingat oleh para pebisnis yang bekerja sama atau berpartner dengan kawannya adalah kekompakan di antara mereka.

  • Resiko keuangan

Harus bisa di pisahkan mana uang yang di gunakan sebagai modal dan mana yang di gunakan untuk hal lainnya. Tentunya Anda tak ingin kehilangan modal Anda begitu saja hanya karena tidak bisa mengelola keuangan dengan baik bukan?

Related posts: